Senin, 09 Mei 2016

Review Buku

Judul buku : Strategi Pembelajaran Berorientasi standar proses pendidikan
Penulis : Prof. Dr. H Wina sanjaya, M.Pd
Tebal Halaman : 294
Buku ini menyajikan ragam strategi pembelajran yang sesuai dengan standar proses pendidikan yang berlaku. Kerangka teori dan konsep serta prinsip setiap strategi pembelajran pada buku ini diuraikan setahap demi setahap guna memandu pembaca untuk memahami, kemudian memilih dan menerapkan, atau bahkan menyintesis strategi yang sessuai dengan lingkungan pembelajaran.
Di padukan dengan contoh pengaplikasian strategi tersebut, buku ini berusaha menjadikan penggunaan sstrategi pembelajaran sebagai sarana penyampaian pelajaran yang efektif.

Salah satu masalah yang di hadapi dunia pendidikan kita adalah masalah lemahnya proses pembeelajaran. Dalam proses pembelajaran, anak kurang di dorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Proses pembelajaran di dalam kelas di arahkan kepada kemampuan anak untuk menghafal informasi, otak anak di paksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi yang diingatnya itu untuk menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari
Di antara tema pokok pembahasannya:
1.      Standar proses pendidikan: definisi, peran guru, sistem pembelajaran, aktivitas belajar mengajar, dan metode serta media yang di gunakan dalam standar tersebut.
2.      Standar kompetensi
3.      Strategi pembelajaran berorientasi  aktivitas siswa
4.      Strategi pembelajaran ekspositori
5.      Strategi inkuiri
6.      Strategi pembelajaran berbasis masalah
7.      Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir
8.      Strategi pembelajaran kooperatif
9.      Strategi pembelajaran kontekstual
1.  Strategi pembelajaran efektif


Tidak ada komentar:

Posting Komentar