Sabtu, 07 Mei 2016

Review jurnal


REVIEWER
DEVI AYU LESTARI
20140720095
BTNMK
Kelas C
TANGGAL REVIEW
12 APRIL 2016
JUDUL
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA YANG BERDAMPAK PADA KINERJA KEUANGAN
JURNAL
E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana
VOL DAN HALAMAN
VOL ,6.1,Halaman 17-32
TAHUN
2014

PENULIS
I Md Ria Satyawati dan Wayan Suartana
TUJUAN PENELITIAN
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja yang berdampak pada kinerja keuangan
METODE PENELITIAN
Penelitian ini menggunakan gaya kepemimpinan dan budaya organisasi sebagai Variabel Independent, Kinerja keuangan sebagai Variabel Dependen, dan kepuasan kerja sebagai Variabel Intervering. Penelitian ini berlokasi di lembaga prekreditan Desa kabupaten bandung.
JENIS PENELITIAN
Jenis penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dan kualitatif serta menggunakan data primer dan skunder.
SUBJEK PENELITIAN
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh LPD yang berada di kabupaten bandung yaitu sebanyak 122 LPD. Metode puporsive sampling digunakan dalam menentukan sampel dalam penelitian ini, Dengan kriteria yang di tetapkan yaitu lembaga prekreditan Desa yang menerbitkan Laporan keuangan bulanan dan LPD yang termasuk dalam kategori 5 Besar di kabupaten bandung.
TEHNIK PENGUMPULAN DATA
Pengumpulan data di lakukan menggunakan Kuisioner
TEHNIK ANALISIS DATA
Tehnik analisiss data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM)
DEFINISI OPERASIONAL VARIABEL DALAM PENELITIAN

·      VARIABEL INDEPENDENT






Variabel independent di penelitian ini adaalaah Gaya kepemimpinan dan budaya oorrganisasi.
·        Gaya Kepemimpinan Merupakan pola perillaku yang di tujukan oleh pemimpin dalam mempengaruhi orang lain. Pola perilaku tersebut dapat di pengaruhi oleh bebrapa faktor seperti : Nilai-nilai, Asumsi, Persepsi, Harapan, Maupun sikap yang ada di dlam diri Pemimpin.
·        Budaya organisasi adalah sebuah tradisi yang di anut oleh seluruh anggota organisasi/ perusahaan yang di gunakan sebagai konsep dalam menyusun strategi/ pengembangan organisasi yang di pimpinnya.
VARIABEL DEPENDENT
Variabel Dependent di penelitian ini adalah Kinerja keuangan.

·        Kinerja keuangan merupakan suatu penentuan ukuran yang di gunakan dalaam mengukur keberhasilan perusahaan untuk menghasilkan Laba. Untuk mengukur kinerja keuangan khusunya perbankan dan LPD Yang bergerak dalam bidang keuangan adalah dengan menggunakan Profitabilitas. Adapun pengukuran terhadap Variabel kinerja keuangan ini adalah menggunakan Return on Asset (ROA).

VARIABEL INTERVERING
Variabel Intervering di penelitian ini adalah Kepuasan kerja.

Kepuasan kerja adalah Tingkat saat pegawai memiliki sebuah perasaan poditif terhadap pekerjaan yang di tawarkan oleh organisasi tempatnya bekerja.
HASIL PENELITIAN
Hasil menunjukkan gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja dan kinerja keuangan, Budaya organisasi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja  tetapi, berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan. Sedangkan kepuasan kerja sebagai variabel intervering berpengaruh positif  terhadap kinerja keuangan.

KEKUATAN PENELITIAN
Penelitian ini menggunakan tehnik analisis data dengan menggunakan SEM(Structural Equation Modeling) untuk melihat kemencengan penyebaran data dengan nilai kritis di atas 3,00 dan uji kortisis untuk melihat keruncingan penyebaran data dengan nilai kritis di atas 3.

KELEMAHAN PENELITIAN
Kelemahan penelitian terjadi  karena rentan waktu sehingga Penelitian hanya melakukan pada LPD di kabupaten Bandung dan tidak dapat membuktikan bahwa budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja keuangan.

REKOMONDASI PENELITIAN
Penelitian selanjutnya di sarankan dapat memperluas wilayah penelitian pada kabupaten lainnya di provinsi  Bali serta dapat menambah Variabel-variabel  lain yang di anggap dapat berpengaruh terhadap kinerja keuangan, Seperti : Biaaya operasional terhadap pendapataan operasional


CARA DAN ALAT UKUR VARIABEL
Penelitian ini menggunakan cara Purposive sampling yang di gunakan dalam menentukan sampel dalam penelitian ini, Dengan kriteria yang di terapkan yaitu LPD yang menerbitkan laporan keuangan bulanan dan LPD desa yang termasuk kategori 5 besar di kabupaten Bandung.
Alat yang di gunakan penelitian ini adalah menggunakan kuisioner yang di berikan kepada 244 Responded dengan menggunakan Skala Liker modifikasi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar